Apakah Zakat Mal Harus Dikeluarkan di Bulan Ramadan?

Date:

Share post:

Jakarta –

Selain zakat fitrah, jenis zakat yang bisa dikeluarkan adalah zakat mal. Zakat fitrah wajib dikeluarkan pada bulan Ramadan. Lalu, bagaimana dengan zakat mal? Apakah zakat mal harus dikeluarkan di bulan Ramadan?

Mengutip buku Fikih karya Ahmad Ahyar dan Ahmad Najibullah, zakat mal adalah zakat yang dikenakan atas harta yang dimiliki oleh individu dengan syarat-syarat tertentu sesuai dengan ketentuan syara’. Zakat mal wajib diberikan oleh umat Islam yang memiliki harta, di mana harta tersebut telah mencukupi syarat dan ketentuannya.

Kewajiban zakat mal dijelaskan dalam Al-Qur’an surah At Taubah ayat 103. Allah SWT berfirman,

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: “Ambillah zakat dari harta mereka (guna) menyucikan dan membersihkan mereka, dan doakanlah mereka karena sesungguhnya doamu adalah ketenteraman bagi mereka. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Selain itu, zakat mal dijelaskan pula pada Al-Qur’an surah Al Baqarah ayat 277. Allah SWT berfirman,

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتَوُا الزَّكٰوةَ لَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ

Artinya: ” Sesungguhnya orang-orang yang beriman, beramal saleh, menegakkan salat, dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan tidak (pula) mereka bersedih.”

Zakat Mal Tak Harus Dikeluarkan di Bulan Ramadan

Dijelaskan dalam buku Fiqih Ibadah karya Wismanto Abu Hasan, perhitungan zakat fitrah berbeda dengan zakat mal, begitu pula waktu pembayarannya. Zakat mal diwajibkan ketika suatu harta telah mencapai satu tahun masa kepemilikannya (haul). Harta juga harus mencapai jumlah harta benda minimum yang dikenai zakat (nisab).

Misalnya, ketika seorang muslim memiliki usaha, maka zakat mal dari usaha tersebut dapat dikeluarkan setelah usaha berumur satu tahun. Usaha tersebut juga harus berkembang dan keuntungannya telah senilai 85 gram emas dalam satu tahun usaha.

Jika haul dan nisab belum terpenuhi, maka seorang umat Islam belum wajib membayar zakat malnya. Oleh karena itu, zakat mal dapat dibayarkan pada bulan Ramadan ataupun di luar bulan suci, tergantung telah terpenuhi tidaknya syarat harta zakat mal sebagaimana dijelaskan Didin Hafidhuddin dalam buku Panduan Praktis Tentang Zakat Infak Sedekah.

Adapun di bulan Ramadan, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak sedekah dan infak, memberi bantuan kepada fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan, memberi sedekah untuk berbuka, dan sebagainya. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Seutama-utamanya sedekah, adalah di bulan Ramadan.” (HR Tirmidzi)

Syarat Wajib Zakat Mal

Mengacu sumber sebelumnya, berikut syarat zakat mal yang harus dipenuhi seorang muslim.

Beragama Islam. Artinya, orang yang memiliki harta benda yang dizakati beragama Islam.Merdeka. Artinya, orang yang menunaikan zakat mal bukanlah budak.Baligh dan berakal. Artinya, orang yang menunaikan zakat mal telah mencapai usia dewasa dan memiliki akal yang sempurna.Memiliki harta secara sempurna. Artinya, harta yang dimiliki milik dirinya sendiri, bukan barang titipan, harta sewaan, atau pinjaman.Sudah mencapai nisab. Artinya, sudah mencapai harta benda minimum yang dikenakan zakat.Sudah mencapai haul. Artinya, sudah mencapai batas waktu minimal harta benda dikenakan zakat, yaitu satu tahun.Tidak dalam keadaan berutang.

detikers bisa menghitung besaran zakat mal yang harus dikeluarkan menggunakan Kalkulator Zakat detikHikmah.

Simak Video “Pembagian Zakat di Makassar Berujung Ricuh, Sejumlah Warga Pingsan”

(kri/kri)

Related articles

Flynas Concludes Airlift Of Nigerian Pilgrims – Voice of Nigeria

By Abdul Mohammed Isa   Iynas, a Saudi-designated Nigerian Hajj air carrier has concluded the transportation of its final batch...

Sabah State Legislative Assembly passes nine Islamic affairs bills

Arifin (centre) with Rural Development Minister Datuk Jahid Jahim (left) and Finance Minister Datuk Seri Panglima Masidi Manjun...