Kapan Waktu Terbaik untuk Bayar Zakat Fitrah?

Date:

Share post:

CNN Indonesia

Selasa, 02 Apr 2024 12:00 WIB



Ilustrasi. Pembayaran zakat fitrah telah ditentukan waktunya. Lantas, kapan waktu terbaik untuk membayar zakat fitrah? (iStockphoto/All_About_Najmi)

Jakarta, CNN Indonesia —

Zakat fitrah adalah salah satu kewajiban dalam agama Islam yang harus ditunaikan oleh setiap muslim di bulan Ramadhan.

Zakat fitrah disarankan tidak ditunda dan juga memiliki waktu yang paling utama untuk ditunaikan. Sebenarnya, kapan waktu terbaik untuk zakat fitrah?

Berikut penjelasan mengenai kapan pembayaran zakat fitrah dilakukan yang dihimpun dari laman resmi NU Online dan sumber lainnya.

Waktu terbaik untuk bayar zakat fitrah

Islam mengatur besaran zakat fitrah, yakni harus setara 3,5 liter atau 2,5 kilogram makanan pokok per orang di daerah tersebut.

Sebagai contoh di Indonesia, penduduknya makan beras, maka zakat fitrah dibayarkan dalam bentuk 3,5 liter atau 2,5 kg beras.

Akan tetapi, zakat fitrah juga diperbolehkan dibayar dalam bentuk uang. Asal, besarannya setara dengan 3,5 liter atau 2,5 kg beras tersebut.

Pembayaran zakat fitrah dibagi ke dalam lima waktu. Waktu terbaik untuk membayar zakat fitrah adalah di waktu wajib dan waktu sunnah. Berikut ketentuan dan penjelasannya.

1. Waktu mubah

Waktu mubah adalah waktu yang diperbolehkan meski bukan yang utama. Waktu mubah untuk membayar zakat fitrah yakni sejak awal hingga akhir Ramadhan.

Ini berarti, muslim tidak boleh membayar zakat fitrah sebelum Ramadhan.

2. Waktu wajib

Waktu wajib adalah waktu yang utama untuk mengeluarkan zakat fitrah. Waktu yang wajib mengeluarkan zakat fitrah adalah pada akhir Ramadhan dan awal Syawal.

Artinya, muslim membayar zakat fitrah setelah melangsungkan puasa Ramadhan terakhir sampai terbitnya matahari awal Syawal atau berlangsungnya sholat Subuh.

3. Waktu sunnah

Waktu sunnah adalah waktu yang diperbolehkan. Waktu sunnah juga merupakan waktu yang baik untuk menunaikan kewajiban membayar zakat fitrah.

Adapun waktu sunnah membayar zakat fitrah berlangsung sampai sebelum berlangsungnya sholat Idul Fitri.

4. Waktu makruh

Waktu makruh adalah waktu yang dilarang, meski tidak ada konsekuensi ketika melakukannya.

Waktu makruh mengeluarkan zakat fitrah adalah setelah sholat Idul Fitri sampai 1 Syawal berakhir atau menjelang sholat Magrib ketika Matahari terbenam.

5. Waktu haram

Waktu haram adalah waktu yang dilarang dan ada konsekuensi dari pembayaran zakat pada waktu haram, yaitu zakatnya dianggap qada.

Waktu haram membayar zakat fitrah adalah setelah 1 Syawal berakhir atau sehari setelah Idul Fitri.

Keutamaan membayar zakat fitrah

Rasulullah Saw menyatakan keutamaan membayar zakat fitrah adalah untuk berbagi kepada sesama muslim, seperti tertuang dalam hadis riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majah berikut ini.

عن ابن عباس: فرض رسول الله صلّى الله عليه وسلم زكاة الفطر طُهْرةً للصائم من اللغو والرَّفَث، وطُعْمةً للمساكين، فمَنْ أدَّاها قبل الصلاة فهي زكاةٌ مقبولةٌ، ومَنْ أدَّاها بعد الصلاة فهي صدقةٌ من الصَّدَقات رواه أبو داود وابن ماجة وصححه الحاكم

Artinya: Dari sahabat Ibnu Abbas RA, Rasulullah Saw mewajibkan zakat fitri sebagai penyucian bagi orang yang berpuasa dari ucapan sia-sia dan ucapan keji, dan sebagai sarana memberikan makanan bagi orang miskin. Siapa saja yang membayarnya sebelum sholat Id, maka ia adalah zakat yang diterima. Akan tetapi siapa saja yang membayarnya setelah sholat Id, maka ia terhidup sedekah sunnah biasa.

Keutamaan lain dari membayar zakat adalah untuk menyucikan harta dan menghapus dosa. Hal ini tertuang dalam hadis riwayat Syekh Hasan Sulaiman An-Nuri dan Syekh Alawi Abbas Al-Maliki.

زكاة الفطر حسنة من الحسنات تكفر السيئات قال تعالى إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ. وإخراج زكاة الفطر قبل الصلاة أفضل. والحكمة في ذلك أن لا يشتغل الفقير بالسؤال عن الصلاة

Artinya: Zakat fitrah merupakan salah satu bentuk kebaikan yang dapat menghapus dosa. Allah berfirman dalam Surat Hud ayat 114, ‘Sungguh, kebaikan itu dapat menghilangkan keburukan.’ Pembayaran zakat fitrah sebelum sholat Id lebih utama. Hikmah di balik itu bertujuan agar orang fakir yang menerimanya tidak melalaikan sholat Id karena sibuk mengemis untuk mencukupi kebutuhannya.

Itulah penjelasan mengenai waktu terbaik untuk bayar zakat fitrah. Semoga informasi ini bermanfaat.

(juh)

Saksikan Video di Bawah Ini:

Related articles

Saudi Ministry of Islamic Affairs Showcases Ancient Manuscripts at Jusoor in Casablanca

Spain's left-wing government said this week it would scrap a national prize for bullfighting, a move which angered...

Awqaf Ministry launches project to build Islamic education centre for girls in Al Waab

Minister of Awqaf and Islamic Affairs H E Ghanem bin Shaheen Al Ghanem (third left) and Director...

Hajj Institute of Nigeria holds Summit on 2024 Hajj – Voice of Nigeria

The Hajj Institute of Nigeria, HIN, will hold its first national stakeholders’ summit on the 2024 Hajj for...