Ini Nilai Zakat Fitrah 1445 H/2024, Simak Batasan Waktu dan Niatnya

Date:

Share post:

JawaPos.com–Salah satu jenis zakat adalah zakat fitrah. Selain zakat fitrah, ada juga zakat mal. Kedua jenis zakat tersebut wajib dikeluarkan atau ditunaikan seorang muslim sesuai ketentuan dan waktunya.

Zakat fitrah diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada Ramadhan pada Idul Fitri. Sebagaimana hadis Ibnu Umar ra.

Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha kurma atau satu sha gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk salat. (HR Bukhari Muslim).

Baca Juga: Disebar ke Penjuru Dunia, Percetakan Alquran Saudi Kepincut Mushaf Isyarat Indonesia

Selain untuk menyucikan diri setelah menunaikan ibadah Ramadhan, zakat fitrah juga dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu, membagi rasa kebahagiaan, dan kemenangan di hari raya.

Dikutip dari laman baznas.go.id zakat fitrah wajib ditunaikan bagi setiap jiwa, dengan syarat beragama Islam, hidup saat Ramadhan, dan memiliki kelebihan rezeki atau kebutuhan pokok untuk malam dan Hari Raya Idul Fitri.

Besarannya adalah beras atau makanan pokok seberat 2,5 kilogram atau 3,5 liter per jiwa. Para ulama, salah satunya Shaikh Yusuf Qardawi telah memperbolehkan zakat fitrah ditunaikan dalam bentuk uang yang setara dengan 1 sha gandum, kurma, atau beras.

Baca Juga: Maksimalkan Ibadah di 10 Hari Terakhir Ramadhan, Dekatkan Diri kepada Allah dengan Amalan Ini

Nominal zakat fitrah yang ditunaikan dalam bentuk uang, menyesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi. Berdasar SK Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Nomor 10 Tahun 2024 tentang Nilai Zakat Fitrah dan Fidyah untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), ditetapkan bahwa nilai zakat fitrah setara dengan uang Rp 45.000 per hari atau jiwa.

Selanjutnya, kapan waktu atau batasan dari pembayaran zakat fitrah? Zakat fitrah ditunaikan sejak awal Ramadhan dan paling lambat dilakukan sebelum pelaksanaan Salat Idul Fitri.

Sementara itu, penyalurannya kepada mustahik (penerima zakat) paling lambat dilakukan sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri. Jika telah mengetahui apa itu zakat fitrah, selanjutnya bagaimana niat zakat fitrah dan doanya? Catat poin penting berikut ini.

Baca Juga: Anjuran Polri bagi Yang Mudik, Waspadai 115 Lokasi Rawan Banjir

Dikutip dari NU Online, niat adalah itikad tanpa ragu untuk melaksanakan sebuah perbuatan. Meski niat adalah urusan hati, melafalkan (talaffudh) dianjurkan, sebab akan membantu seseorang untuk menegaskan niat tersebut.

Talaffudh berguna dalam memantapkan itikad karena niat terekspresi dalam wujud yang konkret, yaitu bacaan atau lafal.

Related articles

Mysterious killing targeting Muslims in the Amhara region

Amhara region Islamic Affairs High Council...

Eid ul-Fitr 2024: Morocco set to sight moon soon

Update: Morocco has sighted the moon. Click here for the latest update. Morocco has confirmed when it will...

Lagos commences weekend orientation for intending pilgrims – Muslim News Nigeria

The Lagos State Muslim Pilgrims Welfare Board has expressed its preparedness to commence weekend lectures/orientation programme for its...

Eid Ul Fitr Truly Symbolizes The Great Values Of Islam: President AJK

Muzaffarabad,  (Parliament Times) : President Azad Kashmir Barrister Sultan Mahmood Chaudhry, while extending his heartfelt greetings to Muslims...